6 Peluang Usaha Online Penghasil Dolar Tanpa Modal

Dari sekian banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha, kenapa hanya sedikit yang akhirnya punya bisnis. Bahkan dari survey yang saya lakukan beberapa bulan yang lalu, ada 81% pegawai yang dulunya pernah bercita-cita menjadi pengusaha.

Setelah diteliti lebih lanjut, ada 3 alasan utama:
  1. Pertama, tidak tahu peluang usaha apa yang lebih menguntungkan dan lebih stabil/terjamin daripada pekerjaan kantoran.
  2. Kedua, tidak ada modal atau hanya punya modal kecil. Ini yang paling sering terjadi. Mereka menganggap semua bisnis itu membutuhkan modal yang besar, akhirnya mereka memutuskan bekerja dulu sambil mengumpulkan modal.
  3. Ketiga, sudah terlanjur bekerja dan berkeluarga.
Beban mereka semakin berat karena harus mengurus keluarga. Kalau pekerjaannya ditinggalkan, resikonya besar. Parahnya lagi, karena sibuk bekerja maka mereka tidak bisa memulai bisnis.

Untuk anda yang mengalami 3 permasalahan di atas, artikel ini adalah solusinya.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa anda lakukan secara online, tidak menyita banyak waktu, dan bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Dan yang terpenting, potensinya sangat besar.

1. Menjual produk secara online di website sendiri

Banyak orang yang melakukan ini, karena memang prosesnya mudah dan penghasilan yang didapatkan tidak main-main.
Menjual produk secara online di website sendiri

Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan darimana pun selama ada internet. Karena itu, model bisnis ini juga bagus untuk anda yang punya kesibukan lain. Tapi biasanya orang yang gaptek sudah takut duluan. Padahal tidak susah sama sekali.

Kalau anda membaca artikel ini jam 9 pagi, sore nanti jam 3 toko online anda sudah siap dipakai untuk berjualan. Serius.

Anda bisa menggunakan salahsatu dari platform berikut:

  1. Shopify – mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan fitur lengkap
  2. WebPraktis – mulai dari Rp 680ribu per tahun
  3. Jarvis Store – gratis untuk 20 produk!
  4. Bukalapak - Anda Bisa Pasarkan Barang Milik Orang Lain.
  5. Shoppy - Anda Bisa dengan mudah jualan di sana,bauk memasarkan barang orang lain atau barang milik sendiri
  6. Lazzada - hal ini bisa anda lakukan karena aplikasi ini sama dengan Shoppy & Bukalapak.yaitu situs jual beli.
  7. BBM – sudah banyak toko online yang bisa berjualan hanya dengan memanfaatkan aplikasi chatting ini
  8. Instagram – karena merupakan social media berbasis gambar, bisa digunakan untuk berjualan online juga
  9. WordPress + WooCommerce – sekitar $40 per tahun untuk domain & hosting

Gunakan Jarvis Store atau WebPraktis kalau anda tidak ingin ribet. Keduanya berbahasa Indonesia, jadi kalau ada yang bingung bisa tanya langsung ke customer service-nya.

Darimana mendapatkan produk untuk dijual?

Bagi anda yang sudah punya produk sendiri, tentunya ini bukan masalah. Tapi bagaimana dengan anda yang tidak punya, dan belum punya rencana untuk membuat produk?

Ikuti langkah berikut:
  1. Tentukan produk apa yang ingin anda jual
  2. Temukan supplier utama dari produk tersebut, atau
  3. Ajak orang yang sudah berjualan tapi belum online sebagai partner, atau
  4. Dropship (dibahas di bawah)
  5. Menjual produk adalah cara termudah untuk mendapatkan penghasilan.

Langkah tersulit adalah menentukan produk untuk dijual, setelah produknya ditentukan maka selanjutnya tidak akan ada masalah lagi.

2.Yang lebih mudah lagi, berjualan di pasar online
Meskipun membuat website itu mudah, tetap saja butuh belajar. Apalagi kalau anda masih pemula.
berjualan di pasar online

“ANDA ingin langsung berjualan! Sekarang juga!”

Kalau anda sudah tahu apa yang ingin dijual dan ingin langsung berjualan dalam 5 menit ke depan. Inilah solusi yang paling tepat buat anda. Apalagi karena di marketplace sudah ramai, jadi anda bisa langsung mendapatkan pembeli. Masih ada lagi, berjualan di marketplace itu gratis.

Tapi ada kelemahannya:
Anda berjualan di website milik orang lain, jadi ada banyak keterbatasan. Selain itu, anda jadi tidak bisa membangun brand sendiri karena bergantung dengan website marketplace tersebut.

Lalu gimana dong?
Jalan tengahnya…ketika baru mulai berbisnis, manfaatkan marketplace untuk mendapatkan pembeli & penghasilan. Setelah beberapa saat, buat website sendiri dan ajak calon pembeli di marketplace untuk berkunjung ke website anda sendiri.

Berikut marketplace besar yang bisa anda manfaatkan:
  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. Kaskus FJB
  4. OLX
  5. eBay (internasional)
3. Berjualan tanpa resiko dengan menjadi dropshipper

Cara Usaha Online Menghasilkan Uang
Dropshipping artinya kita berjualan tanpa memiliki stok. Ketika seseorang mengorder produk dari anda, anda mengajukan orderan tersebut ke pihak ketiga (suplier). Merekalah yang langsung mengirimkan barangnya kepada pembeli.

Anda tidak perlu menyimpan barangnya.Si suplier ini biasanya mengirimkan atas nama mereka, tapi kadang ada juga yang mau mengirimkan atas nama bisnis anda.

Kedengarannya enak ya?
Memang ada keuntungan dari menjadi dropshipper seperti:
  • Tidak butuh banyak modal untuk memulai
  • Tidak butuh stok (stok berarti juga biaya)
  • Bisa dilakukan dari mana saja
Tapi meskipun demikian, ada juga kelemahannya:
  • Margin keuntungan lebih kecil
  • Tidak bisa memonitor stok di pihak ketiga
  • Kualitas tidak terkontrol
Melihat untung dan ruginya, menjadi dropshipper tetap merupakan cara yang sangat mudah dan murah untuk mulai berbisnis online.

Produk dropship-nya bisa anda temukan melalui:
  • Subforum ini di Kaskus
  • Cakning.com
  • Search di Google: gunakan kata kunci “dropship [nama produk]”. Kata dropship bisa coba diganti menjadi distributor, reseller, atau supplier
  • Order langsung dari penjual lain

4. Menjadi publisher iklan ( AdSense)

Kenapa orang rela menulis artikel-artikel yang bagus, kemudian diterbitkan secara terbuka di blog? Karena mereka mendapatkan penghasilan dari iklan.
Inilah peluang usaha yang paling populer di antara mereka yang senang menulis dan berbagi pengetahuan.

Cara kerjanya seperti ini:
Kita membuat website > menampilkan kode iklan > iklan muncul secara otomatis > pengunjung melakukan klik di iklan > kita mendapatkan komisi.

Tidak sulit kan?
Cuma tinggal copy-paste iklan, lalu iklannya akan muncul secara otomatis. Setiap kali ada yang klik, maka kita mendapatkan penghasilan.

Makanya model bisnis ini menjadi sangat populer.

Yang perlu anda lakukan hanya:
  1. Membuat konten yang berkualitas
  2. Memancing orang lain agar mengunjungi website anda dan membaca kontennya
Untuk bisa sukses menjadi publisher iklan, anda HARUS punya konten yang berkualitas. Google tidak akan menerima website dengan kualitas rendah.

5. Menjadi YouTuber
Usaha Online Penghasil Dolar Tanpa Modal

Sebuah video yang dilihat di YouTube sebanyak 23.000 kali bisa mendapatkan penghasilan sebesar $395.

Salah seorang YouTuber tersukses dengan subscriber terbanyak, Piewdiepie, pada tahun 2013 mendapatkan penghasilan sebesar $4juta dalam setahun. Gila...!
Baca :

Ada 2 jenis iklan di YouTube:
  1. Yang mendapatkan komisi tiap klik
  2. Yang mendapatkan komisi tiap kali tayang
Dari iklan ini, pihak YouTube mengambil 45% dan sisanya diberikan kepada pemilik video. Kalau anda bisa membuat video, ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Beberapa jenis video populer di YouTube yang mudah dibuat biasanya berupa video lucu, video rekaman tutorial, atau rekaman tutorial di layar komputer. Permasalahan utama dari orang-orang yang mencoba mendapatkan penghasilan dari YouTube adalah hak cipta. Jadi sebaiknya jangan mengupload video-video yang bisa bermasalah.

Misalnya karya orang lain, rekaman TV, musik, dan sebagainya.

6. Menjual (desain) kaos tanpa perlu mencetak sendiri

Desain kaos sederhana seperti ini saja bisa terjual sampai lebih dari 150 buah dalam 1 hari. Enaknya lagi, si pendesain tidak perlu repot-repot mencetak dan mengirim kaosnya. Yang perlu mereka lakukan hanya memasarkan desainnya secara online.
6 Peluang Usaha Online Penghasil Dolar Tanpa Modal

Lebih santai daripada jual kaos yang biasa, kan? Kalau per kaos mereka mendapatkan keuntungan sebesar $5 saja, artinya dalam sehari mereka mendapatkan penghasilan sebesar $905 atau sekitar Rp 10 juta.

Anda juga bisa melakukan ini sendiri di Teespring.

Teespring adalah situs crowdfunding dimana kita bisa membuat atau mengupload desain kaos, kemudian kita lakukan pemasaran. Ketika targetnya tercapai maka pihak Teespring sendiri yang akan mencetak dan mengirimkan kaosnya.

Tertarik?

Ada 2 kelemahannya:
  1. Pertama, kita hanya bisa memasarkan ke orang Amerika saja. Meskipun Teespring bisa mengirim ke luar negeri, tapi biaya kaosnya jadi mahal. Tapi dengan pemasaran online sebenarnya kita bisa menawarkan kaos ini ke mana saja.

    Kalau anda ingin menjual ke orang Indonesia, coba gunakan Tees.co.id ini. Sistem di Tees sedikit berbeda.

    Harga per kaos di Tees adalah Rp 120.000, anda bisa menjual satuan tetapi anda harus menjual di atas harga tadi supaya mendapatkan margin keuntungan.

  2. Kedua, anda harus memenuhi target yang sudah ditentukan di awal. Kalau tidak, maka penjualan dibatalkan. Misalnya kita memasang target 25 kaos (semakin tinggi, semakin rendah harga per kaosnya), kalau tidak sampai 25 pembeli maka kaos tidak akan dicetak dan kita tidak dibayar.
Jadi, jangan pasang target terlalu tinggi supaya aman.

Untuk Sementara Itu Dulu ide peluang usaha online yang menurut saya sangat mudah,sebenarnya masih banyak lagi peluang usaha lain namun jika di paparkan semua nanti malah akan mempersulit anda untuk memilih bidang usaha apa yang akan anda lakukan.



0 Response to "6 Peluang Usaha Online Penghasil Dolar Tanpa Modal"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Pembahasan,Komentar Spam Tidak Akan Muncul Sorry..!!!!