Cara Optimasi Artikel Lama Agar Menjadi Lebih SEO Dimata Google

Cara Optimasi Artikel Lama Agar Menjadi Lebih SEO Dimata Google - Memperbaiki artikel lama pada blog ternyata sangat bermanfaat untuk menaikkan trafik pengunjung organik. Karena seiring berkembangnya pengetahuan tentang SEO onpage, menulis konten artikel yang berkualitas pun semakin terasah. Sehingga terkadang kita melupakan postingan-postingan lama yang mestinya diupdate kembali.
Cara Optimasi Artikel Lama Agar Menjadi Lebih SEO Dimata Google

3 alasan mengapa artikel lama harus dioptimasi kembali

  1. Pertama, Artikel lama yang jarang update perlahan mulai berkurang trafiknya. Meskipun pada mula menduduki halaman pertama pada google search.Ini bisa saja disebabkan pengunjung  bosan dan mencari alternatif kata kunci yang lainnya.
  2. Kedua, makin banyak artikel yang serupa dengan milik anda. Kian bertambahnya blogger-blogger baru bermunculan, maka semakin banyak pula persaingan kata kunci.
  3. Ketiga, isi konten sudah kadaluarsa. Misalnya anda memiliki artikel tentang tutorial pada tahun 2013, kemudian tahun 2017 sudah berkembang dan tutorial yang anda miliki sudah tak terpakai lagi.

Itulah 3 alasan mengapa optimasi artikel lama harus anda lakukan yang dari beberapa poin tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk perkembangan situs blog anda.

Selain itu ada 4 manfaat dari meremajakan artikel lama, yaitu:

  1. Artikel lama menjadi lebih fresh dan tampak seperti baru
  2. Dengan SEO yang tepat artikel lama bisa menjadi lebih berkualitas
  3. Mempertahankan dan menaikkan posisi pagerank
  4. Mendatangkan Trafik blog.

Dari 4 poin penting manfaat optimasi artikel lama diatas, sebenarnya masih banyak lagi hal positif yang bisa kita dapatkan. Lalu bagaimana cara optimasi artikel lama menjadi SEO dan bisa page one, berikut kiatnya.

Cara optimasi artikel lama menjadi SEO dan pageone
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengoptimasi artikel lama. Pilihlah artikel lama yang sudah turun atau bahkan trafiknya tidak bergerak sama sekali. Karena itulah artikel yang perlu kita optimasi.

Untuk artikel lama yang sudah bagus posisi pageranknya saya sarankan lebih baik tidak perlu di utak-atik lagi. Disini kita hanya fokus pada artikel lama yang vakum pengunjung. Berikut cara optimasinya...

Merubah Judul Artikel
Merubah judul artikel lama adalah optimasi pertama yang akan kita lakukan. Ubahlah judul artikel menjadi long keyword untuk menembak semua kata kunci.

Dengan memasukkan judul artikel dengan penuh kata kunci membuat optimasi postingan menjadi lebih SEO.

Misalkan judul artikellama anda adalah Cara Optimasi Artikel Lama, maka anda bisa merubahnya dengan menambahkan kalimat pada judul artikel lama tersebut seperti "Cara Optimasi Artikel Lama Menjadi SEO & PageOne", atau yang lain "Cara Optimasi Artikel Lama Menjadi SEO dan Berkualitas". 

Memperbaiki Kualitas Gambar
Mengoptimalkan gambar yang SEO seperti Title text dan Alt text pada Image properties adalah langkah selanjutnya. Gambar pada artikel termasuk hal yang lumayan penting bagi konten yang SEO.

Dengan cukup melihat gambar pada pencarian maka pengunjung dengan mudah dapat mengerti isi dari artikel anda.

Kompres gambar - Tujuannya adalah untuk mempercepat lama loading dan halaman artikel yang dibuka menjadi lebih ringan. Anda bisa kunjungi situs https://kraken.io untuk mengkompres gambar.

Riset Ulang Kata Kunci
Jika artikel lama anda minim kata kunci maka sebaiknya anda menambahkan beberapa paragraf yang berisi kata kunci berbeda dan usahakan tetap relefan tanpa membuat pembaca menjadi bingung apa maksud dari artikel yang anda tulis.

Anda bisa menggunakan alat riset kata kunci atau keyword tool seperti semrush. Dengan menambahkan lebih banyak kata kunci maka akan memperkaya kualitas artikel lama anda.

Sebaliknya jika artikel lama anda berisi terlalu banyak kata kunci yang tidak relevan atau bisa juga kebanyakan kata kunci ganda, maka itu juga tidak bagus untuk SEO.

Gunakan Ambil Sebagai Google
Setelah anda mempublish ulang artikel lama anda, kita beralih ke Google search console / webmaster. Pada perayapan, masuk ke Ambil sebagai google / Fetch as Google. Gunanya yaitu supaya artikel lama yang telah kita optimasi tadi cepat terindex pada penelusuran.

Merubah Deskripsi Penelusuran
Mungkin pada saat yang lalu anda membuat artikel dengan description yang kurang mengena pada kata kunci. Cobalah menambahkan atau mengganti deskripsi dengan kalimat yang lebih kaya akan SEO. Usahakan jangan mengutip kalimat yang ada pada isi paragraf atau judul artikel, buatlah dengan kata baru yang juga berisi kata kunci.

Posting Ulang Artikel Lama
Langkah berikutnya adalah memposting ulang artikel lama anda dengan merubah schedule / Jadwal pada pengaturan postingan sehingga artikel lama anda menjadi baru kembali tanpa merubah permalink lama. Pada langkah ini adalah langkah terakhir pada Optimasi Onpage, maka silahkan untuk publish artikel lama anda.

Optimasi Artikel Lama Itu Penting..!!!
Demikianlah dari beberapa cara optimasi artikel lama menjadi SEO & Pageone yang menjadikan alasan mengapa optimasi ini juga penting bagi trafik blog. Intinya adalah memperbaiki isi artikel agar lebih mudah dipahami pembaca. Sehingga pengunjung semakin betah bertahan pada blog anda. Sekian.

0 Response to "Cara Optimasi Artikel Lama Agar Menjadi Lebih SEO Dimata Google"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Pembahasan,Komentar Spam Tidak Akan Muncul Sorry..!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel