Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

Didalam membuat sebuah konten video youtube terkadang kita mengalami masalah seperti konten video terkena hak cipta. Memang masalah hak cipta ketika kita upload konten video di youtube merupakan suatu yang menyebalkan karena akan mengakibatkan chanel yuotube memiliki reputasi buruk.
Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

Mungkin sebagian para youtuber pernah mengalami hal tersebut, karena video yang di upload di youtube telah di klaim adanya pihak ketiga yang dapat menyebabkan video tidak dimonetasi. Hal tersebut karena suatu kebijakan youtube untuk melindungi karya.  Lantas bagaimana cara menghindari klaim hak cipta video youtube ? Anda jangan berkecil hati karena terdapat banyak cara supaya bebas klaim hak cipta, salah satunya ialah dengan membuat konten video yang telah dimodifikasi.

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

Berikut ini adalah beberapa cara agar anda lolos dari pelanggaran hak cipta di youtube yang perlu anda tahu:

  1. Membuat Video Original
  2. Edit Video Youtube Sekreatif Mungkin
  3. Mengkombinasi Beberapa Video
  4. Gunakan Video Licence Crative Commons
  5. Merubah Pitch Audio
  6. Merubah Resolusi Video
  7. Menambahkan Intro dan Outro
  8. Gunakan Audio Bebas Hak Cipta
1.) Membuat Video Original

untuk meng-upload konten video di youtube yaitu dengan anda membuat video original. Dan upload video karya sendiri di youtube memang suatu kegiatan yang telah disarahkan oleh pihak youtube hal tersebut bertujuan agar anda menghindari klaim konten video pihak ketiga.

Pada dasarnya anda dapat membuat video asli karya dengan merekam kejadian konyol, lucu yang terjadi disekitar atau dengan anda membuat rekaman lagu sendiri, atau juga membuat film pendek yang merupakan hasil kerja keras sendiri, yang dimana Vidio hasil karya yang di publikasi adalah sebuah kepuasan batin sendiri.

Memang sebuah karya adalah suatu kepuasan bantin, dan bonusnya anda akan mendapatkan nominal uang dari hasil video karya anda sendiri. selain itu jika anda membuat video original maka anda akan terhindar dari beberapa klaim dari pihak ketiga yang merupakan suatu hal yang sangat menyebalkan.

2. Edit Video Youtube Sekreatif Mungkin
yang kedua ialah dengan anda mengedit video sekreatif mungkin. Ketika anda hendak membuat sebuah konten untuk youtube agar lolos klaim hak cipta, anda bisa menggunakan bantuan software untuk membuat video dengan cara mengedit video. Salah satu edit video terbaik adalah dengan adobe premiere atau lainnya, software edit video tersebut bisa mempercantik tampilan video anda. Oh iya cara edit video sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Edit Video Anime Agar Lolos Copyright.
Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

Berikut ini adalah sesuatu hal yang bisa anda lakukan dengan menggunakan software sebagai editor video :
  • Memotong serta Mengkombinasi video-video menjadi satu.
  • Menggunakan Video Creative Commons.
  • Merubah Suara/Pitch Audio.
  • Merubah Resolusi dan Menambah Efek Baru.
  • Menambah Intro dan Outro.
  • Menambahkan musik Bebas hak cipta.
Jika anda ingin mengedit video yang lolos hak cipta dengan menggunakan laptop maka anda bisa membaca di Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk PC dan Laptop dan jika anda menggunakan smartphone anda bisa membacanya di Aplikasi Edit Video Terbaik di Smartphone Android.

2-A. Kombinasi Beberapa Video
Kombinasi video lebih sering dikenal dengan nama kompilasi, sebenarnya dua kata itu memiliki makna hampir sama, yaitu sebuah kumpulan video yang berbeda akan tetapi memiliki topik yang sama.
Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

video komplikasi sering sekali kita lihat pada acara tv On The Spot atau di channel yang khusus membuat video kompilasi seperti YTCrash. Dengan Anda membuat video kompilasi, tentunya akan mengurangi anda untuk terkena Copyright, karena video tersebut hanya berisi beberapa detik video aslinya saja.

Namun apabila si pemilik video melaporkan kepada youtube bahwa video yang dia miliki telah Anda gunakan tanpa izin, meskipun hanya beberapa detik saja, dengan adanya laporan tersebut tentu youtube akan menindak hal tersebut. (kemungkinan 5% saja).

NOTE: Sebaiknya jika anda menggunakan video milik orang lain, alangkah baiknya apabila ada Izin terlebih dahulu agar anda tidak terkena klaim hak cipta pihak ketiga.

2-B. Gunakan Video Licence Crative Commons
Apabila anda tidak ingin ada laporan dan agar bebas menggunakan video orang lain, maka anda harus menggunakan video yang ber licence Creative Commons.
Cara mencari video creative commons silahkan anda ikutin langkah-langkah berikut ini:
  • Buka youtube.
  • Masukan kata kunci dalam pencarian.
  • Enter (maka secara otomatis video yang kamu cari akan muncul)
  • Klik Filters dan lalu pilih Creative Commons.
Setelah itu maka semua video yang muncul merupakan video yang berlicence creative commons, dan anda tinggal download dan upload Caranya anda bisa melihat di Cara Download Youtube Tanpa Software atau jika anda menggunakan android anda bisa menggunakan Cara Download Video Youtube Di Android Dengan Mudah. Namun akan lebih baik lagi apabila anda diedit ulang video tersebut menjadi kompilasi atau edit lagi agar biar menarik. Dengan menambahkan musik atau logo.

2-C. Merubah Pitch Audio
Agar bisa lolos copyright di youtube selanjutnya ialah dengan merubah pitch audio dengan anda menggunakan bantuan software editor audio misalanya Adobe Audition atau menggunakan Audacity, pada umumnya dengan merubah pitch suara bisa menghindari klaim hak cipta, akan tetapi kekurangannya suara atua audio dalam video akan terasa aneh dan kemungkinan juga bisa membuat penonton males nonton video anda karena suaranya aneh, jadi perlu kehati-hatian di dalam merubah pitch suara.

2-D. Merubah Resolusi Video
Dengan anda merubah resolusi video tentunya juga dapat mengurangi video anda terkena pelanggaran hak cipta dari pihak ketiga. Anda bisa menentukan resolusi video 1080p, 144p atau 720p, walaupun terkadang dibeberapa video resolusi yang muncul hanya 360p atau 720p hal tersebut pertanda bahwa video itu aslinya hanya 720p atau 360p.

Langkah tersebut hanya untuk mengakali video yang memiliki hak cipta, Anda bisa menurunkan resolusi video asli, seperti video resolusi 1080p, anda bisa menurunkan resolusi video menjadi 720p dan juga memperkecil ukuran video.

2-E. Menambahkan Intro dan Outro
Selain anda menurunkan resolusi video untuk menghindari klaim hak cipta dari pihak ketiga anda juga bisa menambahkan frame dan juga menambahan intro serta outro pada video. Hal tersebut hanya untuk memaksimalkan video anda bila di publish di youtube tidak terkena pelanggaran hak cipta.

2-F. Gunakan Audio Bebas Hak Cipta
Youtube juga telah menyediakan konten audio free yang bebas hak cipta dan support iklan. Dan untuk mendapatkan audio youtube gratis anda bisa mendapatkan di audi library youtube. Selain audio library youtube, terdapat juga musik-musik yang keren dan Anda bisa mendownloadnya secara gratis di channel NCS maupun di situs penyedia musik no copyright.
Gunakan Audio Bebas Hak Cipta

Youtube mempunyai system detektor yang hebat, yang dimana system ini akan melindungi sebuah karya, dan system tersebut akan mendeteksi konten pihak ketiga hanya dari sebagian atau potongan suara serta klip video yang Anda upload.

Cara diatas merupakan tata cara agar anda bisa lolos dari pelanggaran hak cipta dari pihak ketiga karena anda telah upload video milik orang lain. Demikianlah artikel kali ini dari liputanteknologi mengenai cara menghindari pelanggaran hak cipta di youtube, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda para youtuber yang ingin memiliki video yang lolos hak cipta. Sekian dan trimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai Dengan Topik Pembahasan,Komentar Spam Tidak Akan Muncul Sorry..!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel